blog masih dalam tahap pembangunan

Rabu, 17 November 2010

ied adha of marocco

ied adha atau yang lbeih sering kita sebut dengan lebaran kurban atau lebaran haji,dinamakan lebaran haji karena tepat pada bulan tersebut umat islam di seluruh dunia menunaikan ibadah haji untuk melengkapi rukun iman yang ke lima.banyak buku-buku yang menceritakan tentang kronologisnya tentang terjadinya hari ied adha.
dalam alQuran di ceritakan kisah seorang ayah yaitu nabi ibrahim as yang rela menyembelih darah dagingnya sendiri nabi ismail as demi menjalankan perintah allah swt.namun dengan izin allah swt ketika nabi ibrahim hendak memotong keala nabi ismail digantikan lah dengan seekor domba.
Terbayang kah di benak kita apa yang akan terjadi apabila allah swt tidak menggantikannya dengan seekor domba,mungkin setiap tahunnya seorang ayah akan menggorbankan darah daginggnya sendiri.

Berbicara tentang ied adha tidak akan lepas dengan kurban,diamana kewajiban ini di perintahkan kepada orang-orang yang mampu melaksanakannya untuk membagi kebahagiaan dengan orang-orang yang membutuhkannya.
Namun lain halnya dengan negara maroko,bagi penduduk maroko menyembelih kambing atau kurban sangat penting atau bisa dikatakan wajib,setiap kepala kelurga yang mampu atau tidak diharuskan untuk kurban minimal satu ekor kabing,dan harga kambing di maroko sangatlah mahal,namun semua itu tidak menjadi beban untuk mereka karena ini semua sudah menjadi adat istiadat yang sudah mendarah daging.
setiap negara,bangsa atau suku pasti mempunyai perbedaan yamg berupa yang terpenting tetap satu agama,yaitu agama islam.
Ied adha merupakan moment yang bahagia untuk umat uslam di seluruh dunia,dan begitu banyak hikmah yang dapat di ambil dari hari yang penuh barakah ini.
berkurban adalah slah satu bentuk shadaqah yang wajib di laksanakan bagi umatnya yang muslim dan tentunya yang mampu,namun syarat dari berkurban itu sendiri tulus,ikhlas hanya untuk allah semata,tidak untuk memamerkan kekayaanatau mengharapkan pujian dari orang lain.
shadaqah adalah bentuk amal manusia yang mengalir mulai dari hidup sampai akhir hayat.
semoga allah selalu melimpahkan rakhmat dan barakahnya untuk kita semua selaku hambanya.

0 komentar: